29 November 2008

[ac-i] UNDANGAN: PEMBUKAAN PAMERAN TUNGGAL GATOT PUJIARTO, MUTATION

*mohon maaf kalau ada cross posting*




PEMBUKAAN

SELASA, 9 DESEMBER 2008
JAM 19.30

WORKSHOP
(bersama anak-anak dusun Tembi)

SELASA, 9 DESEMBER 2008
JAM 15.00 - 17.00

[Myoo'teyshun][1]

by: Syarifuddin

[1] Myoo'teyshun  Is how to read the term MUTATION in WordWeb Dictionary, means that the meaning of the word still refer to term of MUTATION.

Membaca karya-karya Gatot Pujiarto, ibarat memasuki lebatnya hutan yang dilebati dengan segala jenis pepohonan. Kita misalnya tak hanya dihadapkan pada satu perkara, melainkan banyak perkara dalam konteks kekaryaan Gatot Pujiarto yang terangkum dalam pameran tunggal ini. Gatot  tak hanya menghadirkan persoalan sajian visual semata, namun juga keberagaman medium serta tema-tema karya.

Sajian visual yang cenderung ekspresif  menjadi kekuatan yang tersendiri. Dalam catatan saya Gatot Pujiarto adalah salah satu perupa yang tersendiri, sebab ia secara khusus keluar dari kecenderungan melukis corak realistik, dimana corak realistik ini cenderung marak di Jawa Timur. Meski ia pada awal-awal prosesnya juga sempat belajar dengan tekun hal ikhwal corak realistik, namun hal ini tak membuatnya tertarik dan berhenti disitu. Sesekali, teknis pencahayaan serta cara membuat volume  pada obyek-obyek yang diangkatnya ke kanvas muncul di sana, kendati coretan-coretan kuas, tempelan warna kertas serta jalinan perca sekilas menenggelamkan adanya kecenderungan tersebut.

---------------------------------

To read the works of Gatot Pujiarto, is like to enter the jungle full of various plants. Different cases can be found in the works of Gatot Pujiarto such as, visual presentation, themes variation, and medium he uses.

 The visual presentation tends to be expressive and it has its own power. In my note, Gatot Pujiarto is one of the artists who has specific features as he has anomaly character of painting, far from realistic style – which is the current trend style of painting in East Java. In his early time, Gatot liked to learn much about realistic painting, however he refuses to stick in the mere realistic style – though sometimes it is shown in his lighting technique, and his way of making volume aspect of the objects on the canvas. In spite of the brush strokes, he uses collage and stitching of rags which seems like erasing the lighting arrangement and volume creation.



--
tembi contemporary
Jl. Parangtritis Km 8,5
Tembi, Timbulharjo, Sewon, Bantul
Jogja 55186
INDONESIA

t : +62 274 6881919
f : +62 274 368321
e: info@tembicontemporary.com
w: www.tembicontemporary.com

OPENING HOURS
tues - sat  10 am - 6 pm
sunday      11 am - 5 pm

monday and public holiday CLOSED


Nikmati chatting lebih sering di blog dan situs web
Gunakan Wizard Pembuat Pingbox Online __._,_.___

blog: http://artculture-indonesia.blogspot.com

-----------------------
Art & Culture Indonesia (ACI) peduli pada pengembangan seni budaya Nusantara warisan nenek moyang kita. Warna-warni dan keragaman seni budaya Indonesia adalah anugerah terindah yang kita miliki. Upaya menyeragamkan dan memonopoli kiprah seni budaya Indonesia dalam satu pemahaman harus kita tentang mati-matian hingga titik darah penghabisan.




Your email settings: Individual Email|Traditional
Change settings via the Web (Yahoo! ID required)
Change settings via email: Switch delivery to Daily Digest | Switch to Fully Featured
Visit Your Group | Yahoo! Groups Terms of Use | Unsubscribe

__,_._,___

Sphere: Related Content

Tidak ada komentar: