30 November 2008

[ac-i] Sinopsis 4 Lakon Pentas Ludruk Karya Budaya, 2-5 Desember 2008

AYO NONTON RAME-RAME

PENTAS LUDRUK KARYA BUDAYA MOJOKERTO

Tempat:

GOR Kusuma Bangsa Jl. Hayam Wuruk Mojosari

Kabupaten Mojokerto

Tanggal:

2 s.d. 5 Desember 2008

Mulai pukul 19.30 WIB

LAKON:

JOKO TINGKIR, Selasa 2 Desember 2008

Sejak kecil sudah menjadi cita-cita Joko Tingkir untuk mengabdikan diri pada nusa dan bangsa dengan menjadi prajurit di Kasultanan Demak. Cita-cita tersebut tercapai dengan mulus setelah Sultan Demak mengetahui kecerdikan dan keterampilan Joko Tingkir. Diangkatlah dia menjadi prajurit dengan tugas khusus menjaga Taman Kaputren.

Melihat kecerdikan dan ketangkasan prajurit Joko Tingkir, Puteri Kembang anak Sultan Demak terpikat dan akhirnya mengutarakan cintanya. Hal tersebut dimanfaatkan oleh Tumenggung Probosemi yang sejak awal tidak suka dengan Joko Tingkir. Tumenggung Probosemi melaporkan kelancangan prajurit Joko Tingkir menggoda Puteri Kembang.

Laporan Probosemi membuat Sultan marah dan dipecatlah Joko Tingkir. Puteri Kembang menjadi gelisah. Pemecatan tersebut tidak membuat Joko Tingkir patah semangat, namun malah memacu dirinya untuk banyak belajar dan meningkatkan keterampilannya, atas keberaniannya menangkap kerbau yang mengamuk, Joko Tingkir diangkat kembali sebagai prajurit, bahkan diambil menantu oleh Sultan Demak.

Sutradara : MUGAED (Mujiadi Zakaria,Gawok, Eko Edi Susanto)

UNTUNG SUROPATI, Rabu 3 Desember 2008

Walau dia mencintai dan menyayangi Nonik Belanda (Suzana), tidak harus membuat dia tunduk dan patuh pada pemerintah Belanda, apalagi menjilat. Setelah dijebloskan ke penjara oleh Belanda malah dia mendapat banyak teman utamanya Kek Bun yang selalu memberikan semangat dan motivasi.

Rawe-rawe rantas, malang-malang putung. Para tahanan sepakat menjebol sel yang dipimpin oleh Untung. Semuanya melarikan diri ke dalam hutan menggalang kekuatan untuk memberontak kepada pemerintah Belanda di Indonesia.

Beberapa pihak telah membantu Untung melawan Belanda, utamanya Sultan Cirebon. Dalam pertempuran dahsyat, Jenderal Moor (ayah Suzana) dapat dibunuh oleh Untung.

Sutradara : MUGAED (Mujiadi Zakaria,Gawok, Eko Edi Susanto)

PERAWAN KUBURAN, Kamis 4 Desember 2008

Kejahatan bisa dilakukan oleh siapa saja bahkan orang terdekat. Pak Purbo, saat isterinya tidak berada di rumah tega memperkosa dan membunuh anak tirinya Suci, yang seharusnya dilindunginya.

Tragisnya, mayat Suci dikubur di halaman belakang rumahnya, yang penguburannya dibantu 2 (dua) orang pembantunya karena diancam dan ditekan oleh Pak Purbo.

Becik ketithik, ala ketoro. Akhirnya kejahatan Pak Purbo dapat dibongkar oleh Polisi atas bantuan Jarwo dan Sugeng, teman dekat Suci.

Sutradara : MUGAED (Mujiadi Zakaria,Gawok, Eko Edi Susanto)

SILUMAN BUAYA PUTIH, Jumat, 5 Desember 2008

Cinta itu tulus. Cinta itu tumbuh dari hal yang sederhana (kebiasaan). Kata pepatah, witting tresno jalaran saka kulino. Kebiasaan Pandansari yang sering cuci-cuci di sungai Kedung Soro telah menjadi perhatian Ratu Bajul Putih.

Dari perhatian tumbuhlah benih-benih cinta dari Ratu Bajul Putih pada Pandansari yang akhirnya membuat Pandansari hamil. Setelah kelahiran puteranya, baru keduanya menyadari tidak mungkin kehidupan siluman bias langgeng bersatu dengan manusia.

Kesepakatanpun terjadi. Keduanya bisa bertemu di tepi sungai Kedung Soro dengan melempar sesaji yang telah ditentukan setiap hari Selasa Kliwon. Kedua Bajul yang ada di Kedung Soro tidak boleh mengganggu kehidupan manusia di sekitarnya.

Sutradara : MUGAED (Mujiadi Zakaria,Gawok, Eko Edi Susanto)

Tiket

VIP Rp 10.000,- (tersedia 100 kursi)

Ekonomi Rp 5.000,- (tersedia 500 kursi)

Informasi:

Drs H. Eko Edy Susanto,Msi

(Abah Edy Karya)

Pimpinan Ludruk Karya Budaya

Dusun Sukodono RT 02 RW 01 Desa Canggu Kecamatan Jetis

Kabupaten Mojokerto 61310

Jawa Timur

INDONESIA

Telp 0321- 362847

HP 081 231 89 347

Email:cakedikarya (at)yahoo.com dan cakedikarya(at)gmail.com

http://ludrukkaryabudaya.multiply.com

Kegiatan ini telah mendapat surat ijin Polres Mojokerto no.pol : SI/142/XI/2008/Intelkam dan ditandatangani oleh Ajun Komisaris Polisi H Rokhani bin Roeslan, Kasat Intelkam Polres Mojokerto, tertanggal 29 Nopember 2008.

Biaya untuk mengurus surat ijin sebesar Rp 800.000 (Delapan ratus ribu rupiah), masing-masing adalah Polsek Mojosari Rp 400.000,- (Empat ratus ribu rupiah), Koramil Rp 50.000,- (Lima puluh ribu rupiah), Kantor Kecamatan Mojosari Rp 50.000,- (Lima puluh ribu rupiah), Polres Mojokerto Rp 300.000,- (Tiga ratus ribu rupiah).


__._,_.___

blog: http://artculture-indonesia.blogspot.com

-----------------------
Art & Culture Indonesia (ACI) peduli pada pengembangan seni budaya Nusantara warisan nenek moyang kita. Warna-warni dan keragaman seni budaya Indonesia adalah anugerah terindah yang kita miliki. Upaya menyeragamkan dan memonopoli kiprah seni budaya Indonesia dalam satu pemahaman harus kita tentang mati-matian hingga titik darah penghabisan.




Your email settings: Individual Email|Traditional
Change settings via the Web (Yahoo! ID required)
Change settings via email: Switch delivery to Daily Digest | Switch to Fully Featured
Visit Your Group | Yahoo! Groups Terms of Use | Unsubscribe

__,_._,___

Sphere: Related Content

Tidak ada komentar: