04 November 2008

[ac-i] Mukamalas Hobby Studio Prihatmoko Catur (Moki) - pameran seni visual



Pameran Seni Visual

Mukamalas Hobby Studio

Prihatmoko Catur (Moki)

 

Di IVAA Hobby Studio


Pembukaan Selasa, 4 November 2008

 

pameran berlangsung tanggal 4-10  November 2008

 

dimeriahkan oleh band band kontemporer

horny laundry (pemuda kumuh lengkap dengan jeans sobek dan flanel kotak)

roll ring tone (anda tidak tau roll ring tone?..heeh..koreksi diri..)

HND (pop manis bin ajaib dari dataran tinggi)

dengan bintang tamu.. SLENG ( kaum minoritas dengan satu suara...,PISS..!!)

 

BONUS..: solo MC oleh blangkon

( rocker tanggung dengan satu anak)

 


Sebagai seorang perupa muda dengan latar belakang seni grafis di ISI Yogyakarta, Moki kerap (mencoba selalu) memasukkan teknik-teknik cetak seperti sablon dan stensil dalam karya-karya lukis yang semakin hari semakin meninabobokan dirinya. Kali ini ia mencoba berproses di IVAA dan membuat beberapa jenis karya gambar dan multimedia. Moki mengajak beberapa temannya seperti DJ Uma dan Dwe untuk berkolaborasi dalam proses pembuatan karyannya. Hasilnya tentu saja sudah tidak disangkal lagi, gambar-gambar di atas kanvas, komik, mural, dan album musik kompilasi siap membombardir studio IVAA pada pembukaan pamerannya nanti.

 

Seperti pada proyek "My Local Hero", Moki mencari data foto orang-orang yang ada disekitarnya; Eko Nugroho, Bambang Toko, Tera Brajagosa, Wedha Riyadi, Danius, Samuel Indratma, dll. Beberapa orang ini ia pilih karena dirasa mempunyai pengaruh kuat terhadap dirinya selama ia berkesenian. Data-data foto yang ia temukan, ia olah sedemikian rupa sehingga dapat di sablon di atas kanvas dengan tambahan beberapa goresan kuas tipikal gambar-gambar dekoratif. Berbeda dengan proyek yang lainnya, Moki memanfaatkan rekaman-rekaman suara dari diskusi-diskusi. Disini Moki berkolaborasi dengan DJ Uma untuk mengolah rekaman diskusi tersebut menjadi sebuah lagu. Hasilnya sangat luar biasa. Lagu-lagu yang dihasilkan kemudian dikemas dalam kompilasi mini album yang nantinya dijual terbatas. Proyek berikutnya adalah, Moki mencari beberapa tulisan wacana seni rupa dalam bentuk print. Bukan dibaca dan disimpan, Moki justru memparodikan tulisan-tulisan itu dengan mendaur ulang menjadi elemen-elemen dalam gambarnya. Meskipun pada hasil karyanya tampak tidak terlalu menggubris wacana yang ada dalam teks tersebut, namun ia berusaha memanfaatkan dan menata secara apik untuk mewujudkan karakter-karakter alien bermuka malas. Bagi Moki sebuah arsip bukanlah obyek pujaan yang tidak bisa diganggu gugat. Dokumen-dokumen tersebut ia anggap sebagai bahan mentah yang menarik untuk dicacah, dirobek, dan dibentuk ulang menjadi sebuah karya gambar yang baru. Dari kesemua proses berkarya selama di studio IVAA, Moki mendokumentasikannya dalam sebuah komik. (penulis Anang Saptoto: Sahabat dari seorang alien bermuka malas)

 


 

Sekilas tentang IVAA Hobby Studio,

Sebuah ruang alternatif yang mengakomodasi kreativitas Perupa (Visual artist) dalam mengekspresikan dan menyatakan  dirinya. Kreativitas dimaksud adalah beragam upaya unik yang memiliki daya tarik dan potensi untuk menciptakan referensi baru. Kegiatan-kegiatan yang pernah dilangsungkan  di IVAA Hobby studio antara lain adalah pameran, diskusi, dan workshop.

 

IVAA Hobby Studio merujuk pada kemerdekaan berkreativitas yang tidak diintervensi oleh kepentingan pasar. Kesenangan murni untuk karya-karya seni yang murni.

IVAA Hobby studio berpihak pada kepentingan seniman untuk dapat menyatakan dirinya.

 

Kami mengundang seniman untuk aktif dan memanfatkan IVAA Hobby studio untuk kegiatan apa saja, silahkan mengirimkan proposal atau ide-ide menarik untuk studio kami.



Didukung oleh

http://prihatmokomoki.blogspot.com/ | www.trulyjogja.com | Warung Mbak IVAA | IVAA Hobby Studio

 

 

_____________________________________________
INDONESIAN VISUAL ART ARCHIVE (IVAA) LIBRARY
Office : Jl. Patehan Tengah No. 37,
Yogyakarta 55133 Indonesia
Phone : +62274375247 | Fax. : +62274372095
E-mail : library@ivaa-online.org
Website : http://www.ivaa-online.org
Milis: http://groups.yahoo.com/group/ivaa-online/



--
______________________________

tovicraharja
Mobile : +6281931771911, +622749120911


__._,_.___

blog: http://artculture-indonesia.blogspot.com

-----------------------
Art & Culture Indonesia (ACI) peduli pada pengembangan seni budaya Nusantara warisan nenek moyang kita. Warna-warni dan keragaman seni budaya Indonesia adalah anugerah terindah yang kita miliki. Upaya menyeragamkan dan memonopoli kiprah seni budaya Indonesia dalam satu pemahaman harus kita tentang mati-matian hingga titik darah penghabisan.




Your email settings: Individual Email|Traditional
Change settings via the Web (Yahoo! ID required)
Change settings via email: Switch delivery to Daily Digest | Switch to Fully Featured
Visit Your Group | Yahoo! Groups Terms of Use | Unsubscribe

__,_._,___

Sphere: Related Content

Tidak ada komentar: