06 November 2008

[ac-i] Fw: Festival Salihara 2008 - Ophelia; Rahasia Kolam Kematian



--- On Wed, 11/5/08, Rama Thaharani <rama.th@gmail.com> wrote:
From: Rama Thaharani <rama.th@gmail.com>
Subject: Festival Salihara 2008 - Ophelia; Rahasia Kolam Kematian
To:
Date: Wednesday, November 5, 2008, 1:52 PM


Ophelia; Rahasia Kolam Kematian adalah kisah seorang perempuan yang sudah sering kita dengar dalam naskah klasik Shakespeare, Hamlet. Perempuan yang diceritakan sebagai kekasih Hamlet. Perempuan yang dikatakan bunuh diri, terjun ke dalam kolam, karena ayahnya dibunuh oleh Hamlet. Perempuan yang digambarkan lemah atau kekanakan atau bodoh atau semacamnya. Perempuan yang diinginkan semua laki-laki, dan dicemburui semua perempuan.

 

Monolog ini mereka-ulang kemungkinan-kemungkinan kematian Ophelia. Bagi Anda yang sudah mengenal cerita tentang Ophelia dari naskah Hamlet, pementasan ini menawarkan beberapa kemungkinan untuk melihat ulang peristiwa kematian Ophelia dari sudut pandang para tokoh di sekitar Ophelia, termasuk Ophelia sendiri. Bagi Anda yang belum mengenal kisah Ophelia, pementasan ini akan menjadi sebuah dongeng yang menarik.

 

Karya ini—yang pernah dipentaskan pada Seri Solo 9 Aktor Teater Garasi di Yogyakarta, 19-20 April 2007—akan diberi sentuhan penyutradaraan serta konsep visual baru oleh Citra Pratiwi dalam penampilannya di Festival Salihara 2008. Panggung akan menjadi area permainan yang menarik. Melalui set, properti, permainan video dan permainan peran dengan tokoh-tokoh yang unik, Anda akan diajak bertamasya melintasi waktu dan ruang, bermain di antara fiksi dan realita.

 

Citra Pratiwi, pemeran dan sutradara monolog ini, adalah aktor Teater Garasi yang telah mengikuti proses penciptaan bersama Teater Garasi sejak tahun 2001. Ia menamatkan studi di Jurusan Etnomusikologi Fakultas Seni Pertunjukan ISI Yogyakarta.

 

Bagaimana jalannya pementasan hasil interpretasi Citra Pratiwi terhadap naskah Hamlet ini?

 

Sampai bertemu di Komunitas Salihara!


Komunitas Salihara; Jl. Salihara 16, Pasar Minggu, Jakarta Selatan 12520.

 

Apabila ingin mendapatkan detil program Festival Salihara 2008, sila menghubungi Rama Thaharani di rama@salihara.org.


Sphere: Related Content

Tidak ada komentar: