28 November 2008

[ac-i] Dewan Kesenian Pamekasan Gelar Workshop Musik Perkusi

Jumat, 28 November 2008 | 05:03 WIB

Pamekasan Gelar Workshop Musik Perkusi

PAMEKASAN, JUMAT--Dewan Kesenian Pamekasan (DKP) mulai Jumat (28/11), menggelar "workshop" musik perkusi bagi para pelatih dan guru seni dari tingkat SD hingga SMA di Madura, Jawa Timur.

"Kegiatan ini sebagai upaya kami di dewan kesenian Pamekasan untuk menambah wawasan dan meningkatkan kualitas para musisi secara umum dan pecinta musik perkusi di Pamekasan secara khusus," kata Sekretaris Dewan Pendidikan Pamekasan, Sony Budiharto, Kamis.

Musik perkusi, sebagaimana musik terdisional "Ul-Daul" yang saat ini "ngetren" di Madura, merupakan ikon kesenian tradisional warga Madura.

Dengan adanya "workshop" yang akan digelar DKP Pamekasan ini, para pelatih musik perkusi di Madura bisa membawa kelompok musiknya lebih maju, memiliki nilai tawar yang lebih baik, katanya berharap.

"Materi yang akan kami sajikan dalam 'workshop' ini adalah tentang teknik-teknik lagu dan kolaborasi jenis musik," kata Sony menambahkan.

Pelibatan guru seni dalam "workshop" musik perkusi itu, karena ke depan diharapkan jenis musik ini bukan hanya sebagai musik jalanan, tapi juga bisa diperkenalkan lebih jauh dalam dunia pendidikan, mulai dari tingkat SD hingga SMA, serta perguruan tinggi.

"Kami menginginkan musik asli daerah ini menjadi tuan rumah di rumahnya sendiri. Dan ini bisa terjadi apabila jenis musik rakyat ini mampu tampil dengan menarik dalam kemasan yang menarik pula tentunya," kata Sony yang juga guru seni di Pamekasan.

Pelatih kelompok musik yang diundang hadir mengikuti "workshop" musik perkusi yang bertempat di gedung kesenian Vihara Avalokitesvara Dusun Candi, Desa Polagan, Kecamatan Galis, Pamekasan itu, semua 80 orang.

Rinciannya dari masing-masing Kabupaten di Madura, seperti Sumenep, Kabupaten Pamekasan, Sampang dan utusan dari Kabupaten Bangkalan semuanya 20 orang.(ANT)

(www.kompas.com)

Informasi:

Nasar Batati, 081 55 32 1108

Dewan Kesenian Jawa Timur

 


__._,_.___

blog: http://artculture-indonesia.blogspot.com

-----------------------
Art & Culture Indonesia (ACI) peduli pada pengembangan seni budaya Nusantara warisan nenek moyang kita. Warna-warni dan keragaman seni budaya Indonesia adalah anugerah terindah yang kita miliki. Upaya menyeragamkan dan memonopoli kiprah seni budaya Indonesia dalam satu pemahaman harus kita tentang mati-matian hingga titik darah penghabisan.




Your email settings: Individual Email|Traditional
Change settings via the Web (Yahoo! ID required)
Change settings via email: Switch delivery to Daily Digest | Switch to Fully Featured
Visit Your Group | Yahoo! Groups Terms of Use | Unsubscribe

__,_._,___

Sphere: Related Content

Tidak ada komentar: