25 Oktober 2008

[ac-i] Re: Ralat.

RALAT: Mohon diralat kalimat saya: "Artikel tsb telah memperoleh pengetahuan tambahan mengenai sejarah Tuban," menjadi "Artikel tsb telah menambah pengetahuan tambahan bagi saya mengenai sejarah Tuban."
Mohon maaf sebesar-besarnya atas salah cetak yang tidak tersengaja tsb karena saya sudah pikun, umur saya hampir 80 tahun dan daya konsentrasi sering hilang tiba-tiba untuk sementara waktu  (a temporary loss of memory) dan tidak fokus, kalau sedang menulis.
 
Matur sanget nuwun,
sumar.
----- Original Message -----
Sent: Saturday, October 25, 2008 4:52 AM
Subject: Re: [ac-i] Re: Tuban

Selamat siang.
 
Banyak terima kasih atas kiriman posting artikel mengenal Asal Usul Tuban yang sangat menarik hati bagi saya sebagai peminat sejarah. Artikel tsb  telah memperoleh  pengetahuan tambahan mengenai sejarah Tuban. Mohon maaf sebesar-besarnya, menurut seorang teman di Tuban, konon asal nama Tuban adalah dari  waTU tiBAN, yaitu sebuah batu  meteor yang jatuh di pasar, dan menurut teman tsb, masih ada. Sekali lagi saya mohon maaf sebesar-besarnya, mungkin ini hanya suatu  legenda saja yang tidak sesuai dengan histori. Sekali lagi saya mohon maaf sebesar-besarnya.
 
Salam dari Long Island,
sumar.
----- Original Message -----
From: mediacare
Sent: Saturday, October 25, 2008 1:10 AM
Subject: [ac-i] Re: Tuban



Beneran nih Mas Anuv?
Apa zaman dulu sudah banyak orang tergila menyingkat-nyingkat istilah?
 
Bukan dari istilah Ketuban?
 
salam,
 
rd
 
----- Original Message -----
Sent: Saturday, October 25, 2008 11:54 AM
Subject: Tuban,kota kenanganku zaman SMP

Rabu, 2008 September 17

Asal Usul Tuban


Tersebutlah kisah, tatkala itu Raden ARYA DANDANG WACANA sedang membuka tanah yang masih berupa hutan bambu yang bernama Papringan, tanpa diduga – duga sebelumnya muncullah sebuah keajaiban dengan keluarnya air yang dalam istilah jawa disebut (meTu) dan (Banyune), dan jika dirangkaikan menjadi TUBAN. Peristiwa itu oleh Raden ARYA DANDANG WACANA dijadikan sebagai tonggak sejarah dalam memberi nama tanah tersebut dengan nama TUBAN, dan selanjutnya kita kenal dengan nama Kabupaten Tuban. Sementara itu sejarah pemerintahan Kabupaten Tuban diawali pada jaman Majapahit, tepatnya ketika peristiwa agung pelantikan RONGGOLAWE untuk menjadi adipati Tuban pertama oleh Raja Majapahit Raden WIJAYA.

Peristiwa pelantikan itu dilaksanakan pada tanggal 12 Nopember 1293, yang pada akhirnya oleh Pemerintah Kabupaten Tuban tanggal 12 Nopember dijadikan sebagai Hari Jadi Tuban.Kabupaten Tuban adalah salah satu kabupaten yang berada pada ujung barat wilayah Propinsi Jawa Timur. Berbatasan dengan Kabupaten Rembang dan Blora (Prop. Jateng) di sebelah barat, sebelah selatan berbatasan dengan Kabupaten Bojonegoro, sebelah timur berbatasan dengan Kabupaten Lamongan dan sebelah utara adalah Laut Jawa.

Secara administrasi Kabupaten Tuban terbagi dalam 20 kecamatan yang terdiri dari 328 desa/kelurahan. Luas wilayah Kabupaten Tuban 183.994.561 Ha, dan wilayah laut seluas 22.068 km2. Letak astronomi Kabupaten Tuban pada koordinat 111o 30' - 112o 35 BT dan 6o 40' - 7o 18' LS. Panjang wilayah pantai 65 km. Ketinggian daratan di Kabupaten Tuban bekisar antara 0 - 500 mdpl. Sebagian besar wilayah Kabupaten Tuban beriklim kering dengan kondisi bervariasi dari agak kering sampai sangat kering yang berada di 19 kecamatan, sedangkan yang beriklim agak basah berada pada 1 kecamatan.

Struktur geologi Kabupaten Tuban berada pada cekungan Jawa Timur Utara dengan bentangan dari Semarang sampai Surabaya. Sebagian besar Kabupaten Tuban termasuk dalam Zona Rembang dengan struktur batuan endapan yang umumnya berupa batuan karbonat, sehingga domnasi perbukitan yang ada adalah perbukitan Kapur. Ditinjau dari segi litologi batuan sedimen yang ada di Kabupaten Tuban kaya akan bahan tambang galian Golongan C (pasir silica, dolomit, phospat, clay, ball clay dan trass)dan ada juga yang berupa golongan A


Nama baru untuk Anda!
Dapatkan nama yang selalu Anda inginkan di domain baru @ymail dan @rocketmail.
Cepat sebelum diambil orang lain!

__._,_.___

blog: http://artculture-indonesia.blogspot.com

-----------------------
Art & Culture Indonesia (ACI) peduli pada pengembangan seni budaya Nusantara warisan nenek moyang kita. Warna-warni dan keragaman seni budaya Indonesia adalah anugerah terindah yang kita miliki. Upaya menyeragamkan dan memonopoli kiprah seni budaya Indonesia dalam satu pemahaman harus kita tentang mati-matian hingga titik darah penghabisan.




Your email settings: Individual Email|Traditional
Change settings via the Web (Yahoo! ID required)
Change settings via email: Switch delivery to Daily Digest | Switch to Fully Featured
Visit Your Group | Yahoo! Groups Terms of Use | Unsubscribe

__,_._,___

Sphere: Related Content

Tidak ada komentar: