09 Juli 2008

[ac-i] Resital Piano Vitaly Pisarenko

 

RESITAL PIANO OLEH VITALY PISARENKO

JUARA I KOMPETISI PIANO INTERNASIONAL FRANZ LISZT  KE 8

DI  UTRECHT - BELANDA

 

Rabu, 16 Juli 2008, pukul 19.30 WIB.

Auditorium II Fakultas Kedokteran UGM

Jalan Farmako, Sekip Utara, Yogyakarta

 

Kontak:

  1. Karta Pustaka, Jl. Bintaran Tengah 16, Yogyakarta T. 383792
  2. Bagian Kemahasiswaan FK UGM, Jl. Farmako, Sekip Utara T. 902504
  3. Elti Radio, Jl. Sabirin 6, Kotabaru, Yogyakarta T. 557215

______________________________________________________________________________

 

Vitaly Pisarenko (kelahiran Ukraina 1987) dinobatkan sebagai pemenang pertama dalam Kompetisi Piano Internasional Franz Liszt ke 8 yang diselenggarakan di Utrecht, Belanda, pada tanggal 12 April 2008 yang lalu. Kompetisi ini memiliki reputasi sebagai kompetisi piano yang paling prestisius di antara kompetisi piano kelas dunia lainnya. Dalam kompetisi ini, hanya karya-karya Franz Liszt saja yang dimainkan. Selain menerima hadiah uang, para juaranya mendapat kesempatan dan dukungan penuh selama lebih dari 2 tahun untuk mengembangkan karir mereka dengan mengikuti berbagai pergelaran, tur yang dijadual ketat, di seluruh dunia. Panitia kompetisi ini mendisain berbagai pementasan baik solo, duet, ansambel, orkes kamar, maupun orkestra, dalam program pengembangan karir, bagi para juara kompetisi Franz Liszt. Karena itulah kompetisi ini mempunyai nilai lebih dan unik.

 

Vitaly Pisarenko mengadakan resitalnya yang pertama di usia 6 tahun. Ia belajar musik di sekolah musik di Kiev dan Kharkov, lalu di Konservatorium Negeri di Moskow dibimbing Prof. Yuri Slesarev, lulus tahun 2005. Ia pun melanjutkan studinya ke pascasarjana Konservatorium Codarts di Rotterdam, Belanda, dibimbing Aquilles Delle Vigne. Ia sudah tampil sebagai solis dengan berbagai orkestra di Ukraina, Rusia, Italia, Republik Macedonia, Austria, dan Jerman.

 

Sebelumnya, dalam Kompetisi Piano Franz Liszt ke 5 tahun 2006, ia menjadi juara ke 3, dan memenangkan Juara Favorit Penonton, dan Penghargaan Khusus Fazil Say. Sebagai hadiahnya ia pentas di Jepang, Australia, Korea, dan Turki. Tahun 2007 ia pentas dalam pergelaran seluruh karya Ravel di Rotterdam, yaitu Codarts Ravel Piano Marathon. Mulai tahun ini jadual konser dan resitalnya bertubi-tubi, hingga 2011, ke berbagai negara di seluruh dunia, termasuk pementasan dalam European Liszt Nights yang diselenggarakan di 'kota-kota Liszt', yaitu Budapest, Weimar, Bayreuth (Beirut), dan Raiding. Tahun 2009 ia akan mengadakan tur konser  bersama para pemenang kompetisi kuartet gesek, TROMP International Music Competition 2009.

 

Media-media di Belanda dan negara Eropa lainnya memberi catatan bagus terhadap permainan Pisarenko dalam kompetisi tersebut. Harian Belanda, Algemeen Dagblad, menuliskan, "Pisarenko memainkan piano sepertihalnya Franz Liszt di waktu muda. Pembacaannya terhadap karya Liszt, Piano Concerto No. 1, sangat solid, membuat penonton terhenyak, terkesima, saling pandang dengan ekspresi penuh kepuasan."

 

Menjadi juara kompetisi kelas dunia seperti yang dialami oleh Pisarenko bukanlah proses yang tiba-tiba. Ketekunan dan penguasaan ilmu musiknya yang terbentuk dengan ketat dan kuat sejak usia dini, ditambah pengolahan rasa dalam menjiwai musik yang dimainkan, disertai penguasaan teknik yang sempurna, membawa Vitaly Pisarenko ke berbagai panggung dunia dan dihormati sebagaimana layaknya seorang pianis besar. Lewat piano Pisarenko telah mengharumkan nama bangsanya, Ukraina, ke seluruh dunia.

 

Sejak tahun 1993, Karta Pustaka menghadirkan para pemenang pertama ataupun yang ke dua dari kompetisi piano ini. Mulai dari Martyn van den Hoek (pemenang tahun 1986), Jean Dubé (2002), Sun Yingdi (2005) dan Christiaan Kuyvenhoven (2005). Konser ini diselenggarakan dalam jalinan kerjasama antara Karta Pustaka, Erasmus Huis, Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada, didukung oleh Elti Radio dan Radio Sonora.

 

 

Yogyakarta, 9 Juli 2008

Pusat Kebudayaan Indonesia-Belanda 

"Karta Pustaka"

Jl. Bintaran Tengah 16, Yogyakarta

T. (0274) 383792  F. (0274) 377124

E. kpustaka@indosat.net.id


No virus found in this incoming message.
Checked by AVG.
Version: 7.5.524 / Virus Database: 270.4.7/1541 - Release Date: 7/8/2008 7:50 PM
__._,_.___

blog: http://artculture-indonesia.blogspot.com

-----------------------
Art & Culture Indonesia (ACI) peduli pada pengembangan seni budaya Nusantara warisan nenek moyang kita. Warna-warni dan keragaman seni budaya Indonesia adalah anugerah terindah yang kita miliki. Upaya menyeragamkan dan memonopoli kiprah seni budaya Indonesia dalam satu pemahaman harus kita tentang mati-matian hingga titik darah penghabisan.




Your email settings: Individual Email|Traditional
Change settings via the Web (Yahoo! ID required)
Change settings via email: Switch delivery to Daily Digest | Switch to Fully Featured
Visit Your Group | Yahoo! Groups Terms of Use | Unsubscribe

__,_._,___

Sphere: Related Content

1 komentar:

rara hanya ingin menulis mengatakan...

tw jadwal resital piano di jakarta gk??
thx