25 Juli 2008

[ac-i] Press release: SRAWUNG BATIK dalam APEKSI, Solo

Press release:

SRAWUNG BATIK dalam APEKSI

27 Juli 2008 di Solo

 

 

           Batik adalah salah satu wujud dari tak teraga (intangible heritage) yang merupakan kearifan lokal milik Kota Solo, yang wajib dilestarikan dalam konteks kekinian tanpa meninggalkan nilai pusaka yang terkandung di dalamnya. Dalam perjalanan kulturalnya, Batik Solo ini menjadi salah satu akar pertumbuhan tradisi batik nusantara yang telah melahirkan banyak motif khas Solo. Di sini masyarakat sebenarnya sudah mempunyai tradisi kreativitas dalam penciptaan motif. Selanjutnya bagaimana kreativitas itu bisa senafas dengan perubahan zamannya merupakan sutu tantangan tersendiri, khususnya masyarakat yang bergerak dalam industri kreatif batik. Dan batik salah satu dari 14 sektor industri kreatif yang dapat menghidupi kota sebagaimana termuat dalam buku Pengembangan Ekonomi Kreatif Indonesia 2025.

Srawung Batik, suatu pameran batik dan ragam produk handicraft yang diikuti oleh UKM-UKM batik dan handicraft dari  Kota Solo. Srawung Batik ini bertujuan untuk merekatkan hubungan perajin-perajin batik, para UKM batik, dan UKM handicraft batik dengan konsumen, memberdayakan ekonomi kerakyatan Kota Solo serta mengkokohkan Kota Solo sebagai Kota Batik dan mendorong pertumbuhan industri kreatif batik.. Diharapkan pula  akan terjadi link and match antar pelaku industri batik – produsen, investor dan konsumen, yang berpegang pada azas simbiosa mutualisme.

Tidak menutup kemungkinan dalam Srawung Batik ini akan terjadi cross culture creativity atau kreativitas antarbudaya. Kreativitas-kreativitas baru diharapkan muncul dari persinggungan budaya antardaerah di berbagai pelosok Indonesia yang dikenal sangat beragam. Tujuan jangka panjang dri Srawung Batik adalah menghidupkan industri kreatif batik karena Indonesia  punya culture as resource.

Kami, Komunitas Pusaka Solo, berperan serta dalam program ini sekaligus sebagai kegiatan Pra Event International Congress & Expo of  World Heritage Cities for Euro-Asia Region, 25-30 Oktober 2008.

Acara ini diselenggarakan di sepanjang city walk Jl. Slamet Riyadi, dari BII sampai dengan Ndalem Daya Atmaja (eks. Kodim), pada hari Minggu, 27 Juli 2008.

Peserta pameran diikuti oleh  oleh Mitra binaan Dinas Koperasi dan UKM PEMKOT Surakarta, Perusahaan Batik, Usaha Kecil Batik binaan BUMN, UKM batik se-Solo Raya, Lembaga dan Asosiasi, dan lain-lain.

 

 Cp:  Dhian 08526417 6926

 

__._,_.___

blog: http://artculture-indonesia.blogspot.com

-----------------------
Art & Culture Indonesia (ACI) peduli pada pengembangan seni budaya Nusantara warisan nenek moyang kita. Warna-warni dan keragaman seni budaya Indonesia adalah anugerah terindah yang kita miliki. Upaya menyeragamkan dan memonopoli kiprah seni budaya Indonesia dalam satu pemahaman harus kita tentang mati-matian hingga titik darah penghabisan.




Your email settings: Individual Email|Traditional
Change settings via the Web (Yahoo! ID required)
Change settings via email: Switch delivery to Daily Digest | Switch to Fully Featured
Visit Your Group | Yahoo! Groups Terms of Use | Unsubscribe

__,_._,___

Sphere: Related Content

Tidak ada komentar: