18 Juli 2008

[ac-i] LANDING SOON #7: Pameran dan Presentasi Seniman Residensi



Kami mengundang Anda pada:
Pameran dan Presentasi Seniman Residensi
LANDING SOON #7
WIMO A. BAYANG | MAARTEN SCHEPERS | ELLEN RODENBERG


Pembukaan:
Rabu, 23 Juli 2008, 19.30
Presentasi Seniman & Diskusi: Minggu, 27 Juli 2008, 19.30



Rumah Seni Cemeti
Jl. D.I. Panjaitan 41, Yogyakarta 55143
Pameran berlangsung
23 – 30 Juli 2008
09.00 - 17.00, Minggu & Senin tutup



This exhibition is organised by Cemeti Art House.
For information: +62 274  371 015 | http://www.cemetiarthouse.com/

                                                                                                                                                                          

____________________________________________________________________________________________________________________


’Landing Soon #7’, judul rangkaian proyek residensi seri ketujuh (diam-diam proyek pendadaran seniman lokal yang ’disandingkan dan dipertarungkan’ dengan seniman Belanda) dalam satu rumah tinggal sekaligus studio/laboratorium gagasan Residensi Cemeti ini telah berlangsung tujuh kali tiga bulan; dua puluh satu bulan! Proyek ini telah dimulai pada bulan November 2006.

Tiga orang seniman perupa sekaligus hadir meramaikan ’kamp konsentrasi’ pendadaran seniman di Jalan Tirtodipuran 24 Yogyakarta pada Landing Soon ketujuh ini. Masing-masing adalah
Ellen Rodenberg dengan basic Seni Lukis Akademi Kerajaan untuk Seni Rupa Den Haag, Belanda, Wimo Ambala Bayang dengan basic Fotografi dari Desain Interior MSD Yogyakarta – Jurusan Fotografi ISI, serta Maarten Schepers Seni Patung dari Royal Academy of Visual Arts, Den Haag. Seluruh program-program wajib yang telah dirancang dengan teliti dan strategis bersifat merangsang kreatifitas produksi dan gagasan kontemporer, mendampingi gerakan seni dan masyarakat, mendorong para perupa muda terjun dalam kancah perbincangan wacana seni rupa kontemporer dunia (keterangan lebih lanjut, baca ”Berita Pers Presentasi Landing Soon #7 di Rumah Seni Cemeti” terlampir).

Tiga bulan konsentrasi pendadaran ketujuh ini hampir terlewati. Seperti lazimnya, maka proses dan peluh keringat yang menandai hasil kerja ketiga seniman partisipan dengan didampingi oleh satu seniman asisten, tidak boleh ketinggalan tentunya juga seluruh dukungan infrastruktur mini proyek residensi tiga bulanan ini, dipresentasikan dan dipamerkan menjadi semacam bentuk pertanggungjawaban kembali pada masyarakat kesenian Yogyakarta di Rumah Seni Cemeti. Selama presentasi dan pameran di ruang pameran Rumah Seni Cemeti yang hanya akan berlangsung dari tanggal 23 sampai dengan tanggal 30 Juli 2008 (durasi pameran yang teramat pendek untuk Rumah Seni Cemeti), akan digelar acara dialog ketiga seniman peserta residensi dengan para aktivis seni, seniman, dan masyarakat luas yang dikemas dengan tajuk Presentasi Seniman dan Diskusi nanti pada 27 Juli 2008, hari Minggu pukul 19.30.

Sebagai catatan evaluasi serta dokumentasi kerja tiga bulanan residensi ini, diterbitkan semacam katalog yang unik dan representatif  dalam hal desain materi, isi, gaya komunikasi, serta penampilan, mewakili gaya kerja khas produk tiga bulanan masing-masing pasangan seniman peserta. Semua itu bisa diakses dan didapatkan dengan mengganti ongkos produksi di Rumah Seni Cemeti, Jalan D.I. Panjaitan 41, Yogyakarta.

LANDING SOON merupakan program kerjasama pertukaran yang diselenggarakan oleh Heden, Den Haag, Belanda dan Rumah Seni Cemeti, Yogyakarta, Indonesia. Didukung oleh Heden, Belanda dan Program Pengembangan dan Kebudayaan, Kedutaan Belanda di Jakarta.  




Supported by:
 

                             

--------------------------------------------------------------------------------------------------

Rumah Seni Cemeti /  Cemeti Art House
Jl. D. I. Panjaitan No. 41 Yogyakarta 55143 Indonesia  
Telp/Fax. +62 (0)274 371015
Hp. +62 812 273 3564
Website:  http://www.cemetiarthouse.com/
Email: cemetiah@indosat.net.id
Buka/Open: Tuesday -  Saturday, 09.00 - 17.00

Sphere: Related Content

Tidak ada komentar: