10 Juli 2008

[ac-i] IVAA-LIP Green Tour (12-13 Juli 2008)


12-13 Juli 2008

Acara di LIP, 12 Juli 2008
(Jl. Sagan #3) - Dibuka untuk Umum -
* Pasar Organik (daur ulang)
* Cooking Class
–– Di Café LIP
–– Dilaksanakan pada pukul 15.00–16.00 WIB
* Kursus bordir dengan Kinoki
–– Di LIP Galerie
–– Dilaksanakan pada pukul 15.00–18.00 WIB
* Kelas bahasa Perancis
–– Di Ruang 2
–– Dilaksanakan pukul 16.00 WIB
* Tato Henna
–– Di Café LIP
* Pemutaran film animasi « Les triplettes de Belleville »
 –– Di Café LIP

Jadwal Parade Sepeda, 13 Juli 2008
14.00 | Kumpul di LIP
14.30 | Karnaval Sepeda Berangkat Menuju IVAA
17.00 | Sampai IVAA

Rute Parade Sepeda, 13 Juli 2008

LIP – Perempatan Colombo – Jalan Gejayan – Selokan Mataram – Jalan Kaliurang – Perempatan Mirota Kampus – Bunderan UGM* – Gramedia Jalan Solo – Perempatan Tugu – Stasiun Tugu – Malioboro – Benteng Vredeburg* – Alun-alun Utara – Jalan Wijilan – Alun-alun Selatan – IVAA
* = tempat peristirahatan, performans pesepeda, dan bagi-bagi tanaman

Acara di IVAA, 13 Juli 2008 (Jl. Patehan Tengah #37) - Dibuka untuk Umum -
* Dimulai pukul 16.00 WIB
* Launching Merchandise Baru
* Ayo, Sablon Kaosmu!
–– Oleh: Moki dan Gintani Art Space
* Potong Rambut ala Boy
–– Oleh: Andre Kurniawan
* Stand Regol
–– Kaos, Pin, Merchandise, Majalah
* Open House IVAA
–– Launching Merchandise Baru: IVAA Goes Green!
–– Performans Mural oleh Love Hate Love
– – Performans Hiphop oleh YORC
–– Pameran Kerjasama Patehan dan Nagan Tengah
* Energizing High Tea
–– Teh, kopi, dan snack sore oleh IVAA

***
IVAA-LIP Green Tour: Penghijauan Dunia dimulai dengan Hal Kecil
Berbicara perihal penghijauan (kembali) dunia, susah sekali rasanya. Kata `dunia' terdengar terlalu besar dan naïf. Ada satu hal yang seringkali terlupakan: Segala sesuatu harus dimulai dari diri sendiri. Maka, untuk merubah seluruh dunia, siapapun bisa memulainya. Bahkan, A. A. Gym sudah menyingkatnya dengan manis: 3M (Mulai dari diri sendiri; Mulai dari hal kecil; Mulai saat ini juga).

Berdasarkan pemikiran diatas, Indonesian Visual Arts Archive (IVAA) dan Lembaga Indonesia Perancis (LIP) bergabung. Keduanya memberdayakan jaringan masing-masing untuk menghijaukan dunia, dimulai dari lingkungan keberadaan mereka: Yogyakarta.

Sesuai dengan lininya, IVAA menggandeng para pekerja kreatif untuk turut serta dalam kegiatan ini. IVAA adalah lembaga pengarsipan kegiatan seni rupa dan budaya visual Indonesia. IVAA akan meluncurkan kampanye baru bertajuk `Goes Green' pada hari Minggu, 13 Juli 2008 ini. Kampanye ini merupakan manifestasi keinginan IVAA untuk berpartisipasi dalam penghijauan kembali dunia.

 Pasar Organik menjadi agenda utama selebrasi kemerdekaan Perancis di LIP pada hari Sabtu, 12 Juli 2008. Jaringan LIP, mulai dari murid kursus sampai lembaga lainnya, dikerahkan dalam acara peringatan hari kemerdekaan Perancis yang sebenarnya jatuh pada 14 Juli itu. LIP juga mendukung gerakan global penghijauan kembali dunia.

Mengingat `penghijauan' adalah kata kunci dari kedua kegiatan ini, parade sepeda kemudian menjadi titik temunya. Ide ini muncul karena jumlah komunitas sepeda di Yogya tidak sedikit pesertanya adalah para pelaku kesenian dan Tour de France, kompetisi sepeda yang sudah lebih dari seabad usianya setiap bulan Juli di Perancis.

IVAA dan LIP, sebagai institusi kebudayaan di Yogyakarta, berusaha mempertemukan kedua kegiatan mereka demi memperluas cakupan partisipan dalam kampanye ini. Tujuan acara ini adalah kampanye gerakan kreatif peduli lingkungan, sesuai dengan wilayah IVAA dan LIP. Keduanya ingin menyatakan keterlibatannya dalam kesadaran bersama akan keadaan lingkungan sekarang, yaitu Global Warming dan Climate Change. Lebih dari itu, keduanya juga bergerak mengajak setiap individu yang ada dalam jaringan mereka.

IVAA-LIP Green Tour mempertemukan mereka. Minggu, 13 Juli 2008 ini IVAA-LIP Green Tour mengajak kelompok-kelompok cinta sepeda, penggemar sepeda artistik, dan siapapun yang aktif bersepeda dalam kesehariannya untuk berparade dari LIP (Jl. Sagan 3) ke IVAA (Jl. Patehan Tengah 37). Parade ini akan diramaikan oleh JOC, Cyclist Report, Low-Rider, Green Map, Bike to Work, dan BMX.

Mempertegas keinginan mereka untuk menghijaukan kembali lingkungan, parade ini juga akan memberikan tanaman secara cuma-cuma kepada masyarakat. Bersama dengan pembagian ini, para pesepeda akan melangsungkan performans mereka di beberapa titik peristirahatan: Bunderan UGM dan Benteng Vredeburg. Mempertegas keinginan mereka untuk menghijaukan kembali lingkungan, parade ini juga akan memberikan tanaman secara cuma-cuma kepada masyarakat.

Kegiatan ini juga didukung oleh: Regol dan Harian Jogja dari wilayah media; dari kalangan seni dan budaya, ada Kinoki, RumahTeman, lawe, Gintani Art Space, Boy's Haircut, Sanggar Anak Alam, Sahani, Lestari, Batik Bixa, dan Prisha Craft; masih ada lagi kalangan lainnya yang terlibat, seperti Novotel, Mercure, Ibis, Blass Group, Milas, dan Pangan Organik. Melalui banyaknya partisipan ini, diharapkan akan semakin besar khalayak yang tertarik pada penghijauan kembali dunia yang dimulai dari diri sendiri. Mari menghijaukan (kembali) dunia! __._,_.___

blog: http://artculture-indonesia.blogspot.com

-----------------------
Art & Culture Indonesia (ACI) peduli pada pengembangan seni budaya Nusantara warisan nenek moyang kita. Warna-warni dan keragaman seni budaya Indonesia adalah anugerah terindah yang kita miliki. Upaya menyeragamkan dan memonopoli kiprah seni budaya Indonesia dalam satu pemahaman harus kita tentang mati-matian hingga titik darah penghabisan.




Your email settings: Individual Email|Traditional
Change settings via the Web (Yahoo! ID required)
Change settings via email: Switch delivery to Daily Digest | Switch to Fully Featured
Visit Your Group | Yahoo! Groups Terms of Use | Unsubscribe

__,_._,___

Sphere: Related Content

Tidak ada komentar: