22 Juli 2008

[ac-i] Fw: [mediacare] Menarik Melihat Pelukis India Mengintrepretasikan Bhinneka Tunggal Ika!

 
----- Original Message -----
From: Anes Agnes
Sent: Monday, July 21, 2008 10:09 PM
Subject: [mediacare] Menarik Melihat Pelukis India Mengintrepretasikan Bhinneka Tunggal Ika!

Kita semua tahu bahwa Bhinneka tunggal ika adalah motto bangsa yang telah lahir bahkan sejak bangsa ini belum berdiri. Frase dalam bahasa jawa kuno yang seringkali disederhanakan artinya menjadi "Berbeda-beda tetapi satu juga". Kita juga sama-sama tahu bahwa dalam perkembangannya telah jatuh bangun melewati berbagai macam batu ujian. Mulai dari pertikaian antara saudara satu bangsa baik dikalangan elite maupun masyarakat biasa yang mengedepankan SARA, sampai dengan tragedi-tragedi kemanusiaan yang mengguncang bangsa seperti bencana alam sampai dengan tragedi pem-bom-an oleh para teroris.

Ada hal yang menurut saya menarik untuk diulas oleh rekan-rekan media disini, pada tanggal 22 Juli sampai 5 Agustus nanti Indian Artist Network bekerja sama dengan kedutaan besar India dan JNICC akan menyelenggarakan sebuah pameran yang bertajuk "Bhinneka Tunggal Ika". Pada pameran ini kita justru akan melihat intrepretasi orang India, yang dalam beberapa hal memiliki persamaan budaya dengan kita, kita akan melihat intrepretasi mereka terhadap motto Bangsa Indonesia "Bhinneka Tunggal Ika" yang artinya dianggap mirip dengan "Vividhata Mein Ekta" milik India yang berdasar dari filsafat dasar Hindu Advaita. Lebih jauh kita bisa melihat visi mereka tentang apa saja yang seharusnya dipersatukan dalam sebuah ke-Bhinekaan.

Pameran ini sendiri akan diikuti oleh 50 orang pelukis yang telah memenangkan penghargaan di India, dan akan diselenggarakan di Gallery Cipta II TIM, dari pukul 10 pagi sampai jam 8 malam setiap harinya. Untuk pertanyaan atau informasi lebih lanjut silahkan menghubungi  penyelenggaranya Mr. Ajit Vahadane di nomer telepon 081317489896.

Ps : Saya lampirkan undangan yang saya terima, kebetulan untuk saya dilampirkan CD yang berisi contoh lukisan-lukisan yang akan dipamerkan, beberapa berhasil membuat kaget karena visi kebhinnekaan yang diusungnya, namun sejauh ini saya tetap lebih menyukai lukisan karya anak negeri, nggak tau juga nanti kalo ngeliat aslinya hehehehehehe.


Tabik,

Agnes.




 
A g n e s
Visi Kreativa
Your  Integrated  Solutions For Marketing and Communications
Hotline . ( 6221 ) 30875428


__._,_.___

blog: http://artculture-indonesia.blogspot.com

-----------------------
Art & Culture Indonesia (ACI) peduli pada pengembangan seni budaya Nusantara warisan nenek moyang kita. Warna-warni dan keragaman seni budaya Indonesia adalah anugerah terindah yang kita miliki. Upaya menyeragamkan dan memonopoli kiprah seni budaya Indonesia dalam satu pemahaman harus kita tentang mati-matian hingga titik darah penghabisan.




Your email settings: Individual Email|Traditional
Change settings via the Web (Yahoo! ID required)
Change settings via email: Switch delivery to Daily Digest | Switch to Fully Featured
Visit Your Group | Yahoo! Groups Terms of Use | Unsubscribe

__,_._,___

Sphere: Related Content

Tidak ada komentar: