03 Mei 2008

[ac-i] IBLIS @ UKM Komunitas teater Universitas Islam Malang

UKM KOMUNITAS TEATER UNISMA
"SATU PANGGUNG TANPA WUJUD"
 

TAYANG PERDANA DALAM SATU BENTUK DRAMA PANGGUNG DALAM SATU LAKON:

" I B L I S "

(Adaptasi cerpen "BERKAWAN DENGAN IBLIS   Karya: Iman Suwongso").

Naskah dan Sutradara : Cak Mat Dwi Sasono
03 MEI 2008
TEMPAT : STUDENT CENTER UNISMA MALANG
19:OO
HTM: Rp. 3000
CP: M. WAHID E. (08563031273)
 
Pimpinan Produksi     : M. Wahid Effendi (Ketum. Komunitas Teater Unisma)
Tim Artistik
  • Panggung Dan Lampu           : -   M. Hidayatullah Anshory
-     Akhmadin
  • Kostum dan Make up            : -   Eny
-     Dewi
 
  • Musik                         : Tantok Edi P.
  • Dokumentasi              : Arief H.
 
Para pemain:
-         Adi Nugroho
-         Uni
-         Syifa
-         M. Wahid
-         Ipunk
-         Jihan
-         Erwin
-         Muslimah
-         Cak Mat
-         Dedi Gimbal
 
PERJAMUAN
 
 
 
Kali ini UKM Komunitas Teater Unisma yang punya gawe unuk kembali mengajak banyak kawan-kawannya dan para sesepuhnya untuk mengerjakan sebuah lakon yang ditulis oleh Cak Mat hasil adaptasi dari cerpen yang merupakan salah satu karya cerpenis dari kota Malang: Iman Suwongso. Jika menengok kebelakang mungkin gawe ini relatif besar dibanding sebelumnya  karena pada pengerjaan kali ini melibatkan banyak pihak dari berbagai komunitas teater yang ada di kota Malang, maka jangan iri jika hal ini dimanfaatkan oleh UKM Komunitas Teater UNISMA  sebagai media belajar dan mengajar, sebagai sesuatu yang tentu sangat mulia (Ya Toh!).
 

SINOPSIS
 
 
 
........SAYA AKAN LAKUKAN TUGAS-TUGAS SAYA SEBAGAI PEMIMPIN DESA DI KANTOR. SUPAYA MUDAH DAN TIDAK RIWA RIWI SAYA TELAH SIAPKAN KASUR DI RUANG KERJA INI , PERALATAN MANDI DAN SEMUA KEPERLUAN SAYA BAWA KESINI. ANGGAP SAJA INI RUMAH KEDUA  SAYA, SETELAH KERJA DAN LELAH SAYA TINGGAL NGGELETAK DISINI...TAPI KALO SETOR URUSAN KEBUTUHAN BUAT ISTRI YA...SAYA HARUS PULANG DULU HE..HE..HEE...TAPI ISTRI SAYA BENAR – BENAR MENDUKUNG....DIA SETUJU KALAU SAYA HANYA PULANG WAKTU SETOR SAJA, SETELAH SELESAI SETOR YA SERING KALI SAYA LANGSUNG PULANG KESINI LAGI....HHMMMMM.....BENAR – BENAR ISTRI YANG BAIK................................
Yah seperti itulah semangat seorang Lurah yang merupakan tokoh pembaharuan dikampungnya, segala suatu yang menyangkut urusan kantor dan kemajuan wilayah pemerintahannya akan dikerjakan secara cepat dan seolah-olah profesional. Dia berusaha sekuat tenaga menggusur tradisi kuno yang masih dipegang teguh oleh para sesepuh kampung, "yang penting dijaman ini saya akan menjalankan pemerintahan secara wajar dan sesuai dengan jaman sekarang dan akan aku singkirkan segala yang berhubungan dengan tradisi kuno, sudah ketinggalan jaman tidak ada manfaatnya lagi " ujar sang Lurah penuh semangat.
            Para sesepuh kampung yang merasa terancam oleh Lurah mulai gelisah dan melancarkan teror kepada lurah dengan mengangkat isu – isu adanya iblis penunggu sebuah pohon besar dikelurahan. Pada akhirnya sang Lurah keder juga akan kehadiran iblis – iblis yang selalu menggoda dan berusaha mempengaruhi lurah agar meninggalkan tekad awal dalam menjalankan roda pemerintahan yang di nakodainya, yah jelas terpengaruhlah sang Lurah lha wong terornya gencar banget dan tak kenal menyerah, kalo ga gitu yah bukan Iblis namanya.
            Iblis mulai memiliki peran dalam program pemerintahan yang direncanakan dan dijalankan bersama Lurah, kasarnya sekarang Lurah telah menjadi babu bagi para iblis yang tak lain merupakan perwujudan dari para Sesepuh kampung. Sesepuh kampung bisa kembali tersenyum, tertawa terbahak – bahak dengan segala kuasanya kini. Masyarakat kampung yang semula adem ayem atinya dipimpin oleh Lurah yang bertema dengan Iblis secara perlahan namun pasti merasa semakin lama program pembangunan dari Lurah mulai aneh – aneh dan semakin memberatkan masyarakat.
            Pada akhirnya sang Lurah pun semakin terjepit oleh banyaknya tekanan, baik dari para Iblis maupun tuntutan dan gelombang protes yang datang dari pihak masyarakat, Lurah kolap stress!!. Dan seperti itulah gambaran pemerintahan kini baik sumber masalah maupun yang berlomba – lomba menggenggam kekuasaan selalu berasal dari kelompok – kelompok yang merasa lebih tua dan kaya pengalaman .nggak mau tersisih dech.......
 
 


Be a better friend, newshound, and know-it-all with Yahoo! Mobile. Try it now. __._,_.___

blog: http://artculture-indonesia.blogspot.com

-----------------------
Art & Culture Indonesia (ACI) peduli pada pengembangan seni budaya Nusantara warisan nenek moyang kita. Warna-warni dan keragaman seni budaya Indonesia adalah anugerah terindah yang kita miliki. Upaya menyeragamkan dan memonopoli kiprah seni budaya Indonesia dalam satu pemahaman harus kita tentang mati-matian hingga titik darah penghabisan.




Your email settings: Individual Email|Traditional
Change settings via the Web (Yahoo! ID required)
Change settings via email: Switch delivery to Daily Digest | Switch to Fully Featured
Visit Your Group | Yahoo! Groups Terms of Use | Unsubscribe

__,_._,___

Sphere: Related Content

Tidak ada komentar: