23 April 2008

[ac-i] Kekayaan kuliner Jawa Timur

Oleh Adrian Perkasa *
 
 
Potensi kuliner yang ada di Surabaya dan Jawa Timur sangat besar. Sama seperti daerah lain di Indonesia, kawasan Jawa Timur memang dianugerahi sebuah kekayaan sumber alam yang sangat melimpah sehingga tak heran berbagai citarasa masakan dapat dengan mudah kita cicipi.
 
Karakter kuliner di Jawa Timur kebanyakan mengandung unsur pedas, seperti Rujak Cingur, Nasi Krawu, Semanggi, dan sebagainya.  Namun faktor kultural-demografis yang membagi Jawa Timur dalam empat kultur besar yakni Mataraman, Pesisiran, Tapal Kuda dan Madura, kulinernya pun beragam. Misalnya kita bisa temukan ragam Pecel yang berbeda antar masing-masing daerah. Pecel Madiun berbeda dengan Pecel Blitar. Berbeda pula dengan Pecel Tulungagung, Surabaya, dan daerah lainnya.  Bicara soal Soto, Soto Ayam Lamongan berbeda dengan Soto Banyuwangi, Soto Tulungagung yang lebih mirip sup, dan Soto Blitar dengan mangkok kecilnya.
 
Surabaya sebagai ibukota Provinsi Jawa Timur, memiliki potensi untuk menjadi etalase kekayaan kuliner di sekelilingnya. Saya mempunyai sebuah impian, di Surabaya ada satu tempat untuk dapat merasakan enaknya Sate Ayam Ponorogo, Semanggi Surabaya, Bubur Madura dan Es Legen Tuban bersamaan.

Tentang Festival Jajanan Bango (FJB), saya tertarik sekali dengan program wisata kuliner tersebut. Apalagi festival kuliner yang diadakan Bango ini dilaksanakan rutin tiap tahun dan peminatnya pun semakin bertambah.
 
Semoga FJB 2008 meraih sukses yang lebih besar!
 
 
* penulis adalah mantan Raka Jawa Timur dan Cak Surabaya, mahasiswa di Universitas Airlangga, Surabaya. 
 
 
__._,_.___

blog: http://artculture-indonesia.blogspot.com

-----------------------
Art & Culture Indonesia (ACI) peduli pada pengembangan seni budaya Nusantara warisan nenek moyang kita. Warna-warni dan keragaman seni budaya Indonesia adalah anugerah terindah yang kita miliki. Upaya menyeragamkan dan memonopoli kiprah seni budaya Indonesia dalam satu pemahaman harus kita tentang mati-matian hingga titik darah penghabisan.




Your email settings: Individual Email|Traditional
Change settings via the Web (Yahoo! ID required)
Change settings via email: Switch delivery to Daily Digest | Switch to Fully Featured
Visit Your Group | Yahoo! Groups Terms of Use | Unsubscribe

__,_._,___

Sphere: Related Content

Tidak ada komentar: