28 April 2008

[ac-i] Kabar Aking dari Melbourne: Pertemuan Eksekutif

Kabar Aking dari Melbourne: Pertemuan Eksekutif
Dalam 5 hari terakhir, aking disibukkan dengan berbagai kegiatan workshop yang masih dalam rangkaian/bagian dari program Art Life Footscray Arts Community Center.

Senin, 7 April 2008
Mengikuti Workshop visual Arts dan menjadi Asisten Instruktur khususnya dalam mengarahkan peserta menyempurnakan karya-karyanya yang berupa : Lukisan, Gambar Sketsa dan Cetak. Aking banyak belajar dari Instruktur terutama metode dan teknik menciptakan karya yang digunakan. teknik yang dipakai umumnya sederhana dan mudah dilakukan, tetapi mampu memunculkan kreativitas peserta secara spontan. Misalnya, sebelum membuat lukisan para peserta diajak melakukan diskusi tentang karya yang akan dibuat, kemudian para peserta diajak keliling lingkungan sekitar kantor yang cukup indah dan sangat rapi, kemudian dilakukan diskusi lagi hingga para peserta semakin mantap dalam meilih karya yang akan dibuat.

Selasa 8 April 2008
Aking ikut meeting dengan seluruh staf di Footscray. Topik utamanya evaluasi program kegiatan sepekan sebelumnya dan memantapkan pelaksanaan program pada minggu berjalan. Setelah meeting, Aking langsung terlibat di kegiatan workshop teater guna persiapan pembuatan video klip yang akan dilakukan beberapa waktu mendatang.

Sebelum workshop, Aking tampil membawakan sebuah cerita (dongeng) dengan memadukan alat musik kecapi dan eksplorasi gerak sesuai dengan tokoh-tokoh yang terdapat dalam cerita. Awalnya Aking agak ragu, apakah mereka akan mengerti dengan penggunaan Bahasa Inggris saya yang aksen Bugisnya masih kental, tetapi Alhamdulillah, mereka cukup mengerti dan paham jalan ceritanya.

Selanjutnya, Aking diberi tugas menyutradarai satu kelompok yang terdiri atas 9 orang peserta dan sekaligus ikut menjadi pemain. Di akhir worksop, kami melakukan pentas kecil dan diakhiri dengan evaluasi guna menyempurnakan karya yang telah dibuat tadi agar latihan pada pekan depan bisa lebih baik.
 
Pukul 4 sore, Aking terlibat di latihan Rutin Hackkets Band (yang udah ceritakan minggu lalu) sampai hampir pukul 7 malam. Aking senang sekali, soalnya lagu-lagu Indonesia yang aku tulis, mereka nyanyikan sepanjang latihan sore ini. Walaupun awalnya sulit, dengan bimbinganku, mereka mengucapkan kata-kata dalam lagu-lagu itu sampai mereka bisa nyanyikan. Yang surpirse adalah, kami kolaborasi membuat terjemahannya dalam Bahasa Inggris dan dinyanyikan juga dengan nada yang sama. Keren banget sampai di latihan band ini, Aking diberi kepercayaan megang gitar dan memainkannya selama latihan.

Rabu, 9 April 2008
Setiap rabu, diadakan cooking day, semua peserta dilibatkan dalam kegiatan masak dan makan bersama pada jam lunch. walaupun gak terlalu nyambung dengan kegiatan residency Aking di sini, tapi untuk menghargai undangan mereka, Aking ikut serta (bukan hanya bantu makan) tapi juga ikut nyiapkan bahan-bahan masakan. Setelah makan siang, Aking lebih banyak di ruang kerja, membuat persiapan untuk kegiatan hari esok, dan melakukan beberapa diskusi dengan para Staff seputar program kegiatan di Footscray Art CC.

Kamis, 10 April 2008
Workshop teater hari ke dua, tetapi latihan kali ini lebih difokuskan pada latihan pembuatan musik background dengan memanfaatkan alat-alat musik yang ada (umumnya non elektrik), termasuk dengan menciptakan berbagai jenis bunyi dari anggota tubuh dan suara yang dibuat masing-masing peserta.

Latihannya sangat asyik dan menarik dan para peserta yang umumnya para penyandang disabilty, melakukannya dengan sangat fun. Di akhir sesi latihan, Aking dan para peserta menciptakan sebuah lagu sederhana yang diangkat dari kesedihan para peserta karena beberapa waktu yang lalu (sebelum aking datang), salah seorang peserta bernama Mimo, telah meninggal dunia dan yang ia sangat dekat dengan para peserta. Setelah latihan cukup, kami mementaskan lagu tersebut saat acara Afternoon Tea di depan peserta yang ikut kelas keramik dan animasi dan para staf footscray.com.

Jumat, 11 April 2008
Workshop menulis lagu dan membuat komposisi musik dengan memadukan alat-alat musik, mulai dari yang elektrik sampai dengan yang non elektrik. Workshop ini lumayan berat, karena tidak semua peserta memiliki sense of musik yang cukup bagus, banyak yang gak ngerti tempo. tetapi Aking dan seorang instruktur lainnya berusaha keras mengarahkan para peserta, paling tidak peserta juga belajar dasar-dasar seni musik. Aking juga melakukan latihan kolaborasi di depan para peserta dengan instruktur yang memang seorang pemusik.

Minggu depan, tepatnya pada hari Rabu malam, Aking diundang mengikuti meeting tingkat eksekutif dengan sebuah organisasi penyandang dana di Melbourne, Aking diminta mendampingi Jerril Lechter (Dir. Footscray) saat dia presentasi program-programnya. Kata Jerril, Aking juga perlu dapat ilmu di bidang manajemen pengelolaan lembaga seni di samping diperkenalkan dengan relasi-relasi Footscray Arts CC. Dan masih kata Jerril, ada 4 meeting penting lagi yang akan diikuti selama magang di sini. Wow!
 
Email:hakim_alle@yahoo.com
 
Informasi:
KELOLA
Jl. Cikatomas II no. 33
Jakarta 12180 Indonesia
Tel: +62.21.7399311
Fax: +62.21.7221284
Email:
info@kelola.or.id
www.kelolaarts.or.id


Be a better friend, newshound, and know-it-all with Yahoo! Mobile. Try it now. __._,_.___

blog: http://artculture-indonesia.blogspot.com

-----------------------
Art & Culture Indonesia (ACI) peduli pada pengembangan seni budaya Nusantara warisan nenek moyang kita. Warna-warni dan keragaman seni budaya Indonesia adalah anugerah terindah yang kita miliki. Upaya menyeragamkan dan memonopoli kiprah seni budaya Indonesia dalam satu pemahaman harus kita tentang mati-matian hingga titik darah penghabisan.




Your email settings: Individual Email|Traditional
Change settings via the Web (Yahoo! ID required)
Change settings via email: Switch delivery to Daily Digest | Switch to Fully Featured
Visit Your Group | Yahoo! Groups Terms of Use | Unsubscribe

__,_._,___

Sphere: Related Content

Tidak ada komentar: