29 Desember 2007

Siapakah Balawan?

Di kalangan praktisi musik jazz baik tanah air maupun manca negara, nama Balawan sudah tidak asing lagi. Pemilik nama I Wayan Balawan ini lahir di Gianyar, Bali pada 9 September 1973. Ia mulai bermain musik pada umur delapan tahun dan mendirikan grup band pada saat duduk di bangku sekolah dasar.

Balawan banyak memainkan lagu-lagu dari Deep Purple dan Beatles. Jenuh dengan musik rock, tamat dari SMU dia pindah ke Sidney untuk belajar jazz gitar dan vokal di the Australian Institute of Music. Talentanya yang besar di musik membawanya meraih beasiswa selama tiga tahun (Diploma of Music).


Setelah merampungkan pendidikannya, Balawan berkarir sebagai gitaris profesional di Sidney selama lima tahun dan namanya pun mencuat sebagai salah satu dari deretan pemain gitar handal.

Tahun 1997, Balawan pulang ke tanah kelahirannya.Bersama kawan-kawan semasa kecilnya ia mendirikan Batuan Ethnic Fusion, sebuah grup musik yang memainkan musik etnik Bali yang dikombinasikan dengan musikjazz. Mereka sempat merilis album pada tahun 1999 berjudul gloBALIsm.

Memainkan gitar bagai memainkan piano

Balawan dikenal sebagai gitaris yang handal memainkan gitar secara teknik tapping (touch tapping style), yaitu teknik khusus dimana jari-jari kiri dan kanan secara bersamaan memainkan bass, chords, dan melody, seakan-akan dia memainkan piano. Publik pun dibuatnya takjub dengan kepiawaiannya memainkan dua gitar secara bersamaan dengan cepat, lincah, juga melodius.
Balawan adalah satu-satunya pemain gitar di Asia yang mengembangkan permainan ini,sampai-sampai Stanley Jordan ( USA Jazz Guitarist ) sengaja datang ke Bali karena ingin berduet dengan Balawan.
Balawan juga dikenal sebagai guru gitar dan sering tampil di berbagai sekolah musik di kota-kota di ndonesia . Ia pun kerap memberikan klinik gitar dan promo tur yang disupport oleh gitar Ibanez dan Laney amplifiers. Selama ini Balawan telah banyak melanglang buana, merambah festival demi festival bergengsi mancanegara. Di Bali sendiri, dia terkadang tampil di Jazz Café, Ubud, Bali.

Sphere: Related Content

Tidak ada komentar: